About Us

IOXC, Indonesia Open X-Sports Championship adalah event perlombaan olahraga aksi yang lebih populer dengan sebutan sports extreme sebagai wadah berkumpulnya anak muda Indonesia dalam aktifitas olahraga yang menampilkan kecepatan, ketrampilan, keberanian yang memacu adrenalin, dan fun. Event ini merupakan yang terbesar untuk kawasan Asia Tenggara.

Kementerian Pemuda dan Olahraga melalui event ini mencoba memberikan ruang kepada kaum muda untuk mengembangkan olahraga aksi sebagai aktivitas olahraga alternatif dengan konsep sport entertainment yang dikemas dalam perpaduan kegiatan olahraga dengan hiburan.
Melalui Indonesia Open X-Sports Championship (IOXC) ini, Kementeria Pemuda dan Olahraga telah menyelenggarakan untuk yang ke 9 (sembilan) kalinya di tahun 2017 yang berlangsung di Kota Manado, Sulawesi Utara.
Pertama kali diselenggarakan pada tahun 2007 di Kuta Bali, tahun 2008 di Ciampelas Walk Bandung, tahun 2009 di Lapangan Karebosi Makassar, tahun 2010 di Benteng Kuto Besak Palembang, tahun 2013 di Jogyakarta, tahun 2014 di Semarang, tahun 2015 di Bandung dan tahun 2016 di Serang.

Kementerian Pemuda dan Olahraga melibatkan induk organisasi dari 5 disiplin olahraga yang diperlombakankan sebagai pelaksana teknis yaitu Asosiasi BMX Indonesia (ABI), Federasi Skateboarding Indonesia (FSI), Indonesia Freestyle Rollerblading (IFR), Bboyindo, Asosiasi Bola basket Seni Indonesia (ABSI) dan Indonesia Football Freestyle Federation (IF3).